Festival Seni Multatuli 2019 Ajang Peningkatan Kualitas SDM

LEBAK, biem.co — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui platform gotong royong kebudayaan ‘Indonesiana’ dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar Festival Seni Multatuli (FSM).

Dalam penyelenggaraannya kali ini, FSM mengusung tema Seni dan Kopi.

FSM 2019 dibuka langsung oleh Kemendikbud RI yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing, Ananto Kusuma Seta, dan dihadiri oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Direktur Festival Seni Multatuli Ubaidillah Muchtar mengatakan FSM sengaja dibuat untuk mendukung Museum Multatuli.

“Awalnya ada Museum Multatuli pada tahun 2018, dan kami membuat FSM untuk mendukung museum, kebetulan di Kemendikbud ada platform gotong royong ‘Indonesiana’ dan kami bergabung disana untuk mendukung kegiatan FSM ini,” ujarnya usai pembukaan FSM di Pendopo Museum Multatuli, Senin, (09/09/2019).

Lebih lanjut Ubai mengatakan FSM 2019 ini berbeda dengan FSM tahun lalu.

“FSM tahun ini kontennya lebih banyak pada peningkatan SDM seperti workshop cerpen, film pendek, wisata kota, dan teater. Maka dari itu durasi kegiatannya panjang yaitu tanggal 9-15 September,” jelasnya.

Sedangkan Staf Ahli Kemendikbud RI, Ananto, pada sambutannya mengatakan FSM 2019 adalah upaya untuk promosikan pemikiran anti kolonialisme pembangunan berkelanjutan kedepan dengan menggunakan instrumen sastra seni dan budaya.

Sementara Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kemendikbud RI atas dukungannya kepada Pemkab Lebak, dan berharap agar support-nya terus berlanjut.

Ia juga berharap melalui penyelanggaraan FSM sebagai salah satu media dan event pembelajaran interaktif, dapat menjaga lentera api semangat perlawanan terhadap ketertinggalan, kemiskinan, dan kebodohan tetap akan terus menyala melewati setiap zamannya, serta menjadi kesadaran kolektif semua pemangku kepentingan. (iy)

 

Sumber:

“Festival Seni Multatuli 2019 Ajang Peningkatan Kualitas SDM”. Biem.co. 9 September 2019. 19 September 2019. <https://www.biem.co/read/2019/09/09/46283/festival-seni-multatuli-2019-ajang-peningkatan-kualitas-sdm/>